Tips Beternak Burung Lovebird

Tips Beternak Burung Lovebird
Tips Beternak Burung Lovebird. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi cara ternak Burung LoveBird, sebagai usaha sampingan namun sangat menjanjikan. Dan tentu saja ternak burung LoveBird ini dapat dilakukan oleh siapa saja asalkan mempunyai pengetahuan dan pengalaman berternak burung ataupun yang mempunyai hobi memelihara burung. Namun jika anda tidak mempunyai waktu untuk menjalankan usaha ternak burung ini dapat menggunakan jasa pegawai untuk mengurusnya jika anda mempunyai modal usaha ini. Tetapi jika anda mempunyai waktu dan tenaga andapun dapat mengurusnya sendiri tanpa harus membayar orang lain dengan biaya yang lebih sedikit. Dibawah ini kami akan jelaskan cara beternak burung LoveBird sebagai usaha sampingan untuk mendapatkan tambahan dan juga menyalurkan hobi dengan tambahan penghasilan yang cukup lumayan.

"Tips Beternak Burung Lovebird"
Informasi Burung
Jenis-jenis burung termahal

Langkah pertama beternak Burung loveBird.
1.Untuk indukan LoveBird pilih yang sehat dan berkualitas, Pilihlah indukan lovebird dari keturunan induk yang sehat dan berkualitas, biasanya jika indukan burung tersebut berasal dari keturunan yang sehat dan berkualitas, otomatis keturunan anaknya juga akan berkualitas.Setelah itu anda dapat memilih indukan LoveBird dari sisi suara dan warna bulu. Tergantung anda untuk lovebird kicau burung ataupun lovebird kontes kecantikan burung.

2.Tunggu sampai usia burung Lovebird siap kawin, biasanya Lovebird siap dikawinkan berusia minimal 1 Tahun. Jangan dilupakan anda juga harus memilih indukan LoveBid jantan yang lebih tua dari betina. Hal tersebut dilakukan agar indukan jantan dapat lebih mendominasi pada saat melakukan proses kawin.

3. Membuat Kandang ternak burung LoveBird, kandang atau sangkar burung lovebird untuk berternak disesuaikan dengan jumlah LoveBird yang akan disilangkan. Jika jumlahnya sedikit atau hanya satu asang indukan LoveBird saja , maka buatlah kandang LoveBird dengan ukuran kandang 50x100x50cm.Namun jika jumlah indukan LoveBird banyak buatlah kandang lovebird yang lebih besar dengan sekatan –sekatan.

4.Tempat bertelur burung LoveBird, burung yang satu ini membutuhkan tempat bertelur untuk mengerami telur yang dinamakan Glodok. Glodok sendiri terbuat dari kayu berukuran 20x20x20 cm dan berbentuk kotak persegi. Agar LoveBird merasa nyaman disekitar glodok sediakan kayu yang sudah diserut seperti ranting kecil, atau dedaunan untuk tempat membuat sarang. Dan biarkan
Lovebird membuat sarangnya sendiri.

5.Mengetahui jenis kelamin burung Lovebird, ini adalah hal yang paling penting untuk mengetahui jenis kelamin LoveBird dan memastikan yang anda kawinkan memiliki kelamin yang berbeda. Karena Burung LoveBird yang terlihat berpasangan belum tentu mempunyai kelamin yang berbeda. Terkadang burung jantan LoveBird dapat berpasangan dengan pejantan lainya begitupun sebaliknya.

6.Agar LoveBird Cepat Bertelur. Berikan asupan gizi agar burung Lovebird cepat bertelur, agar Lovebird cepat bertelur berikan makanan seperti, pemberian milet, biji sawi, kenari seed, jewawut,jagung muda, kangkung, toge,kwaci,tulang sotong dan lain sebagainya.

"Tips Beternak Burung Lovebird1"

Cara mengawinkan Lovebird jantan dan betina 

Caranya adalah cukup memasukan Lovebird yang sudah dipastikan jantan dan betina kedalam kandang ternak, lalu tunggu sekitar 4 hingga 10 hari untuk memastikan apakah sudah bertelur.

"Tips Beternak Burung Lovebird3"

Lovebird bertelur
Jika memang berjodoh biasanya Lovebird betina akan bertelur 3 butir, tetapi tidak semua indukan mau mengerami telur, hal itulah yang mengakibatkan telur tidak menetas. Untuk mengantisipasinya anda dapat mendekatkan pasangan Lovebird lain yang sudah mengerami telur.

Hal tersebut dinilai efektif karena suara erangan Lovebird betina yang sedang mengerami telur dapat memancing Lovebird yang lain untuk mengikutinya juga. Namun Lovebird hanya didekatkan saja sangkarnya ,tetapi jangan dimasukan kedalam satu sangkar yang sama.

Lovebird  yang sudah mau mengerami telur  biasanya membutuhkan waktu hingga 18-23 hari.Pada saat pengeraman sebaiknya indukan jantan dipisah, tujuannya agar indukan jantan tidak mengganggu indukan betina.Dan pada saat pemisahan anda langsung dapat menjodohkan indukan jantan dengan indukan betina yang lain.

Berikan makanan yang bergizi pada saat Lovebird sedang proses pengeraman telur, sepertipelet ayam di campur bubur bayi dan pastikan bahwa Lovebird betina salam keadaan sehat.

Perlu diketahui, Lovebirs yang pertama kali bertelur sebagian besar telurnya tidak menetas, hal ini wjar terjadi karena Lovebird mungkin belum siap dikawinkan.Faktor lingkungan,faktor pakan dan lainsebagainya. Teatapi anda tidak perlu khawatir karena pada proses kedua biasanya telur akan dapat menetas.
"Tips Beternak Burung Lovebird4"

Telur burung Lovebird menetas
Penangan saat telur lovebir menetas dilakukan oleh indukan anda hanya tunggu saja hingga anak lovebird keluar dari sarang. Setelah itu anda dapat melolohkan makanan. Untuk meloloh anakan lovebird sebaiknya menggunakan suntikan yang besar agar tidak tersedak. Suntikanya pun harus aman dengan melepas jarum suntiknya dan menggantikan dengan selang elastis seperti karet pentil. 

Anakan lovebird dapat dipisahkan dari indukanya pada usia 10 hari atau 2 minggu dan jika sudah dipisah berikan pengawasan ektra seperti memberikan lampu 5watt sebagai penghangat tubuh anakan lovebird.Berikan makanan anakan lovebird berupa makanan bayi yang telah diseduh dengan air hangat dan makanan bergizi lain yang lembut. Dan anda dapat meloloh anakan lovebird berkisar 4 jam sekali. Lakukan cara tersebut setiap hari sampai anakan lovebird dapat makan sendiri. Demikian cara ternak burung Lovebird kali ini semoga apa yang kami berikan ini berguna dan bermanfaat bagi para pecinta burung. Terimakasih atas kunjunganya