Tips Dan Cara Mengetahui Ciri Burung Murai Batu Medan

Tips Dan Cara Mengetahui Ciri Burung Murai Batu Medan

Tips Dan Cara Mengetahui Ciri Burung Murai Batu Medan. Burung murai batu adalah burung dari keluarga turdidae. Dari segi suara kicauan maupun bentuk fisik, burung murai batu Medan ini dibilang istimewa. Ciri khas yang sangat mencolok dan tak dimiliki jenis burung murai yang lainya di Indonesia adalah pada ekornya, dan hampir semua penggemar burung mempunyai pendapat bahwa ekor pada burung Murai batu Medan juga lebih panjang nyentrik dan super sekali. Jika dilihat murai batu Medan lebih unggul dari segi fisiknya  yang populer di Indonesia seperti murai batu Borneo, Nias, Aceh dan lampung.Tak hanya suara dan ekornya ukuran tubuhnya juga lebih relatif besar sehingga jika dilihat lebih berwibawa. Tentunya para pecinta burung lebih tertarik dengan murai batu medan dibandingkan yang lain. Wajar jika burung yang satu ini di pasaran saat ini juga tergolong mahal, tapi hal tersebut sudah tak berlaku bagi para pecinta burung yang memang sudah terlanjur ingin memilikinya.
"murai"

Tips Dan Cara Mengetahui Ciri Burung Murai Batu Medan. 
Burung murai batu Medan sebenarnya bukan burung endemik asal kota Medan, sebab burung yang mempunyai ekor panjang seperti inipun dapat kita jumpai di hampir seluruh wilayah di Indonesia seperti Pulau Jawa dan Juga Kalimantan. Disebut Murai Medan dikarenakan jenis burung ini banyak terkumpul di Kota Medan sebelum merambah ke daerah lain di Indonesia. Dan memang burung Murai ada dalam berbagai spesiaes yang slah satunya memiliki ekor yang lebih panjang, dan para pecinta burung mengenalnya dengan sebutan Murai Batu Medan.

Hampir semua Murai memiliki ciri khasnya yaitu ekor yang panjang.Tetapi beberapa pecinta burung juga ada yang mengenalnya dengan istilah Murai batu Medan super ekor panjang. Sebutan ini biasanya sering diberikan untuk jenis murao yang memiliki suara dan ekor yang lebih panjang.  Dan nama ini sering juga diberikan untuk murai medan Masteran, walaupun banyak terdapat jenis murai yang lainnya dan memiliki ciri atau penampilan fisik yang sepintas hampir sama.

Baca lainnya:

Tips Dan Cara Mengetahui Ciri Burung Murai Batu Medan

Banyak yang berpendapat bahwa ciri-ciri mengenali burung murai batu Medan selain tubuhnya yang terlihat kekar dan lebih berotot adalah, panjang pada ekornya dapat berukuran 27 hingga 30cm. Tak hanya itu saja warna gelap (hitam) pada tubuhnya akan berubah menjadi biru gelap saat terkena sinar matahari secara langsung. Pada umumnya burung murai Batu Medan saat berusia muda pada kakinya terlihat berwarna merah gelap dan pada saat dewasa akan bersisik. Pada burung Master saat berkicau warna bulu putih pada bagian ekornya nampak terlihat mengipas dengan menegakan badanya seperti Kobra.

Cara Merawat Burung Murai Batu Medan
Lakukan perawatan secara rutin setiap hari, saat pagi dan sore hari sebelum dimandikan angin-anginkan dulu burung murai batu maksimal 35menit. Lakukan penyemprotan untuk memandikan burung murai hingga basah kuyup dan setelah itu jemur 1 hingga 2 jam untuk mengeringkan badan lalu jemur burung murai Batu, namun sahakan ditempat yang  tidak terkena langsung dengan  sinar matahari. Dan jika pada waktu malam hari kerodong sangkarnya untuk memberikan kehangatan suhu tubuh burung murai Batu agar  terlindungi dari gigitan serangga seperti nyamuk dan lain sebagainya. Lakukan hal diatas secara rutin setiap hari.Kerodong juga mempunyai tujuan untuk membuat burung nyaman dan dapat meingkatkan konsenterasinya jika pada saat sedang dilakukan masteran menggunakan suara burung yang gacor.

Sangkar Burung Murai Batu Medan
Pada dasarnya sangkar burung Murai Batu Medan dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang paling harus diperhatikan adalah membuat burung merasa nyaman dan tidak stres. Jika anda memiliki biaya dan anggaran belilah sangkar yang sudah pasti tepat sesuai untuk   burung murai batu medan. Dan anda dapat membelinya di toko-toko penjual pakan burung yang sudah banyak tersedia dimana-mana dengan harga yang relatif terjangkau.

Memang tidak mudah membedakan jenis burung murai batu dari sumatera dan Kalimantan, namun terdapat beberapa ciri khusus yang dapat anda  dijadikan patokan,  namun belum tentu   seluruhnya benar , dan untuk untuk mengetahuinya ciri tersebut silahkan simak di bawah ini:

1.Pada ekor burung murai batu sumatera umumnya membentuk seperti huruf V sedangkan pada murai batu kalimantan berbentuk huruf U dan bergaris hitam atau putih.

2.Warna pada bulu pada bagian dada burung Murai Batu Sumatera lebih terlihat tajam dibandingkan bulu dada burung murai batu Kalimantan.

3.Burung murai batu Kalimantan sering mengembangkan bulu didadanya saat berkicau 

Tips Dan Cara Mengetahui Ciri Burung Murai Batu Medan, demikian informasi ini semoga bermanfaat untuk kicau mania sampai jumnpoa pada postingan berikutnya.